http://www.facebook.com/plugins/follow.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fgamasatriabanyumas&layout=standard&show_faces=true&colorscheme=dark&font&width=150&height=80

Friday 14 June 2013

Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES Jalur Mandiri

SALAM SATRIA!

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) Tahun 2013

Tahun akademik 2013/2014 Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali akan menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan  seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri. Seleksi ini dibuka untuk pendaftar calon mahasiswa reguler (Non Bidikmisi) dan Bidikmisi.

Persyaratan Umum
1.    Lulus dari satuan pendidikan dan ujian nasional SMA/SMK/MA/MAK atau yang setara, tahun 2011, 2012, dan 2013 dibuktikan dengan ijazah.
2.    Sehat jasmani dan rohani, serta tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran belajar dan tugas lain yang sesuai dengan program studi yang dipilih.
3.    Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus  dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes termasuk biaya belajar dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), kecuali bagi yang diterima dalam beasiswa  Bidikmisi

Persyaratan Khusus
Khusus program beasiswa Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada laman http://bidikmisi.dikti.go.id.

Waktu Pendaftaran
Pendaftaran mulai dibuka pada tanggal 20 Juni 2013 pukul 08.00 WIB dan ditutup pada tanggal 16 Juli 2013 pukul 23.59 WIB dengan  sistem online melalui laman http://spmu.unnes.ac.id

Pilihan Program Studi
1.    Peserta SPMU berhak memilih dua program studi yang sebidang (2 pilihan program studi kelompok saintek atau 2 pilihan program studi kelompok sosial humaniora).
2.    Daftar program studi dan kelompok program studi yang ditawarkan dapat dilihat pada pengumuman ini atau melalui laman SPMU.

Prosedur Pendaftaran
Peserta tes SPMU diharuskan mengikuti prosedur sebagai berikut:
1.    Menyiapkan file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG,  dengan ukuran maksimum 100 KB.
2.    Membuka situs http://spmu.unnes.ac.id.
3.    Menentukan jalur SPMU yang akan diikuti: SPMU Program Reguler atau SPMU Program Bidikmisi.
4.    Mengisi formulir pendaftaran  secara  online   untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) yang berupa 8 karakter.
5.    Mengunggah (upload) file pas foto pada formulir yang telah tersedia.
6.    Mencetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran SPMU.
7.    Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-. Peserta yang memilih kelompok Jurusan/Prodi Seni atau Olahraga juga membayar biaya ujian keterampilan
              Rp. 150.000.-. Pembayaran dapat dilakukan di  Bank BNI  seluruh Indonesia dengan cara menunjukkan PIN dan dibayarkan secara langsung melalui teller.
8.    Mencetak Kartu Tes  yang diakses dari situs SPMU secepat-cepatnya 1 hari setelah pembayaran atau selambat-lambatnya tanggal 17 Juli 2013. Kartu tes dicetak rangkap dua: (1) untuk peserta;  dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat tes.
9.    Memeriksa lokasi dan ruang pelaksanaan tes tertulis sesuai dengan denah yang tertera pada Kartu Tes.

Pelaksanaan Tes
Semua peserta SPMU wajib mengikuti tes tertulis sesuai dengan jadwal. 

Tabel Deitl


Pada saat pelaksanaan tes tertulis, peserta menunjukkan Kartu Tes, ijazah asli dan identitas diri kepada pengawas/penguji. Pada saat tes keterampilan, peserta yang memiliki prestasi olahraga/seni sekurang-kurangnya juara I tingkat Kabupaten/Kota dapat menunjukkan sertifikat asli. Khusus bagi peserta program Bidikmisi, pada saat tes menyerahkan: (1) Surat Rekomendasi dari kepala sekolah bahwa yang bersangkutan berasal dari keluarga kurang mampu; (2) Surat Keterangan tidak mampu dari Kepala Desa/Kelurahan yang dilampiri daftar penghasilan orang tua.

Hasil Ujian Tulis SPMU
Hasil ujian tulis SPMU diumumkan pada tanggal 26 Juli 2013 secara online melalui lamanhttp://spmu.unnes.ac.id.
CATATAN
1.    Informasi pendaftaran dan jurnal pendaftaran selengkapnya dapat dilihat di situs SPMU.
2.    Peserta tes menyiapkan alas tulis, pensil 2B, dan karet penghapus untuk mengerjakan tes tertulis.
3.    Informasi mengenai tempat dan jadwal tes dapat dilihat pada Kartu Peserta Tes SPMU.
4.    Peserta SPMU yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan melakukan registrasi pada tanggal 29 Juli  s.d. 12 Agustus 2013.
5.    Peserta SPMU yang dinyatakan lulus seleksi di suatu prodi tidak diperkenankan pindah ke prodi lain.
6.    Semua jenis pembayaran tidak dapat dibatalkan.
7.    Peserta SPMU Program Beasiswa Bidikmisi akan diverifikasi melalui kunjungan ke rumah masing-masing.
8.    Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi melalui jalur SPMU dinyatakan gugur apabila:
              a. Tidak hadir pada waktu registrasi.
              b. Terbukti memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
9.    Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, perubahan itu akan diumumkan melalui situs          SPMU.
10.    Unnes tidak melayani pendaftaran langsung secara manual di Kampus.
11.    Informasi lebih lanjut dapat disampaikan melalui  telepon atau E-mail ke alamat: BAAKK  Unnes Gedung H (Rektorat) Kampus  Sekaran Gunungpati Semarang 50229, telepon (024)8508092,  (hunting psw. 25),  Faks (024)8508084,  E-mail: dikeva@unnes.ac.id,  Website: http://spmu.unnes.ac.id,  E-mail: spmu@unnes.ac.id

Source by unnes.ac.id

#Untuk calon mahasiswa dari Banyumas kami dari GAMA SATRIA BANYUMAS siap untuk membantu mencarikan Penginapan, Transportasi (biaya ditanggung peserta bukan kami).
#Jika membutuhkan bantuan kami silahkan hubungi HUMAS GAMA SATRIA BANYUMAS di 08562808608/085641230025/085726434561 (SMS 1st n than CALL) atau silahkan kirim email ke HUMAS dengan alamat gamasatriabms@gmail.com 
#Semua pertanyaan tentang SPMU UNNES GRATIS. akan tetapi maaf kalau balas SMSnya agak menunggu karena kami juga mahasiswa masih kuliah. 


0 komentar: